Rabu, 11 April 2012

Amaran tsunami ditarik balik sekitar Lautan Hindi



BANDA ACEH: Amaran tsunami yang dikeluarkan di sekitar Lautan Hindi ditarik
balik beberapa jam selepas dua gempa bumi kuat menggegarkan perairan barat
Indonesia. Gempa bumi berukuran 8.6 dan 8.2 magnitud mencetuskan cemas
petang tadi.


Amaran tsunami ditarik balik sekitar Lautan Hindi 2012/04/11BANDA ACEH: Amaran tsunami yang dikeluarkan di sekitar Lautan Hindi ditarik balik beberapa jam selepas dua gempa
bumi kuat menggegarkan perairan barat Indonesia. Gempa bumi berukuran
8.6 dan 8.2 magnitud mencetuskan cemas petang tadi.

Penduduk di kawasan bandar persisiran pantai menyelamatkan diri ke tempat tinggi dengan
menaiki kereta dan menunggang motosikal.
ACEH (Aceh.Info) - Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memutuskan untuk mencabut peringatan tsunami yang sebelumnya dikeluarkan untuk 28 negara. Dinyatakan kondisi gelombang di wilayah Samudera Hindia pasca gempa 8,5 SR yang melanda Simeulue, Aceh, sudah kembali aman."Pengukuran permukaan laut menunjukkan bahwa ancaman telah berkurang bagi sebagian besar wilayah, oleh karena itu peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh kami dinyatakan dibatalkan sekarang," demikian pernyataan dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang bermarkas di Hawaii, seperti dilansir oleh AFP, Rabu (11/4/2012).
Ditekankan bagi wilayah-wilayah yang sebelumnya dinyatakan terkena dampak tsunami, bahwa jika dalam waktu 2 jam setelah gempa pertama yang terjadi pada pukul 15.38 WIB, tidak terdapat gelombang besar, maka otoritas setempat bisa menyatakan bahwa ancaman tsunami telah berlalu.Namun, bagi kapal dan struktur yang ada di sepanjang pantai masih bisa terkena dampak arus kuat selama beberapa jam. Terhadap kondisi ini, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan otoritas setempat yang bisa menganalisa kondisi di wilayah masing-masing.
Sebelumnya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami untuk sejumlah negara menyusul gempa berkekuatan 8,5 SR yang melanda Simeulue, Aceh hari ini. Tercatat ada 28 negara yang diimbau untuk mewaspadai kemungkinan tsunami.Selain Indonesia, negara-negara tersebut menurut bulletin tsunami yang dikeluarkan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik adalah: India, Australia, Sri Lanka, Singapura, Myanmar, Thailand, Maldives, Inggris, Malaysia, Mauritius, Re, Seychelles, Oman, Pakistan, Somalia, Madagaskar, Iran, Uni Emirat Arab, Yaman, Comores, Mozambique, Kenya, Tanzania, Crozet Islands, Bangladesh, Kerguelen Islands dan Afrika Selatan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

TERIMA KASIH